Senin, 02 Februari 2015

Revitalisasi Budaya Pesawahan Di Dusun Cikubang

Kekuatan akan nilai budaya tradisional bisa kita rasakan disaat melihat artistik suatu hempasan pesawahan, disitu tak luput dari imajinasi kita yang menciptakan proses menanam menggarap sawah dengan karapan sapi (magawe) lalu menanam padi (tandur), budaya tradisional seakan nampak dan terasa ditambah dengan alunan suara (beluk) si petani yang sedang menggarap sawah.
 di tahun 1990 saat penulis berusia 7 tahun masih menempel imaji tersebut ketika setiap mendengar beluk (alunan nyanyian si petani saat menggarap sawah dengan sapi) saya selalu serentak melihat dan menghampiri untuk ikut naik karapan sapi. sampai tahun 1998 pemandangan dan pengalaman tersebut masih bisa saya nikmati, tapi Kini tak lagi bisa disaksikan karena sawahnya pun telah berganti ladang diakibatkan rusaknya irigasi ke pesawahan kami.
 ingin rasanya mengembalikan suasana dan budaya pesawahan ditempat kami, dengan langkah pertama memperbaiki saluran irigasi terlebih dahulu, memberikan sosialisasi kepada kelompok tani tentang berbagai manfaat dan hasil dari budaya sawah, serta mencari stimulan dari pemerintah atau dinas terkait untuk membantu program revitalisasi budaya pesawahan. Hal ini akan menjadi satu reinkarnasi budaya di dusun kami yang akan berkembang pada tatanan kesenian didalamnya, di dusun kami dulu setiap panen padi sebagai tanda syukur kepada sang pencipta selalu diadakan ceremonial lewat media seni Tarawangsa, rengkong, beluk, dsb. Mungkin nenek moyang terdahulu (sebelum masuk ajaran Islam) acara tersebut adalah sebagai bukti terimakasih kepada Dewi Sri (Dewi Padi), setelah Masuk Islam budaya tersebut berangsur diluruskan sebagai bukti tafakur terhadap hasil alam yang dianugrahkan oleh Alloh SWT. Seni budaya dan agama pun jika disinkronkan dengan pandangan positif tidak akan mengundang perpecahan. Adanya kontribusi antara tokoh agama dan tokoh seni maka akan melahirkan satu budaya yang harmonis, toh berkembangnya Islam sendiri di daerah kita kebanyakan melalui seni pertunjukan wayang golek. Di daerah kami sebaliknya, kehadiran Islam malah mematikan seni budaya, diakibatkan pro kontra seni dan agama, disini melibatkan Ego dan fanatik yang tidak diimbangi ilmu pengetahuan dan wawasan. Tokoh agama tidak mau mencerna ilmu seni, sebaliknya tokoh seni tidak mendalami ilmu agama maka akibatnya bisa menimbulkan hal yg fatal bagi perkembangan keduanya.

Kini banyak lahir seniman akademik dan tokoh agama yang akademik pula, hendaknya bisa menyikapi arti dari perkembangan seni budaya untuk pembentukan karakter masyarakat. Bagaimana kita mengembalikan berbagai nilai tradisional dengan pandangan yang lebih dewasa. Terlebih budaya pesawahan yang mesti kita kembalikan atas dasar manfaat publik.
 mengembalikan budaya pesawahan di dusun kami belum terlambat, saluran irigasi masih ada hanya tinggal bagaimana cara memperbaikinya, lahan untuk pesawahan yang kini jadi ladang bisa kita kembalikan fungsinya menjadi sawah kembali. Tapi dalam penggarapannya kita kemas seperti dahulu dengan memakai bantuan hewan (sapi, kerbau) bukan mesin traktor. Kenapa? Bukan masalah "ketradisionalan" secara visual saja, akan tetapi secara "rasa" dan "manfaat" nya pun tentu berbeda.

Mari kibarkan kembali orang-orangan sawah (bebegig) di tanah kita, mari kita sebarkan benih-benih padi di tanah kita, mari kita lantunkan kembali nyanyian anak-anak kampung, mari kita petik kembali dawai kecapi, mari kita tiup kembali suling bambu dan terompet-terompetan dari jerami, niscaya kita akan merasakan kedamaian yang sesungguhnya. Sebuah REINKARNASI BUDAYA.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar