Selasa, 30 Desember 2014

Seni Budaya Sumber Kehidupan

Berbicara tentang seni dan budaya keduanya erat tak dapat dipisahkan. Didalam budaya ada nilai-nilai seni dan kesenian, begitupun dalam seni terdapat budaya-budaya tertentu. Seni budaya
  merupakan warisan, kebanggaan, kekuatan, identitas, hiburan dan merupakan sumber penghidupan. Seni budaya yang mana?bagaimana? dan seperti apa?.menurut saya pribadi adalah seni budaya tradisional (ethnic) yang justru sekarang perlu  kita perkenalkan dan kita tanamkan  pada anak-anak sejak dini. Berawal dari bahasa, perilaku, lingkungan hingga akhlak yang berbudaya. Anak adalah generasi penerus yang akan beranjak dewasa dan matang. Dalam menuju kematangan tersebut kita bekali akhlak budaya ethnic yang hidup di lingkungannya, hingga pada saat kematangannya telah membawa karakter budaya aslinya, adapun faktor lingkungan lain yang nantinya berpengaruh besar (budaya barat) namun ia akan menghadirkan proteksi terhadap budaya tersebut. Jadi intinya perlu ada penguatan terlebih dahulu pada tatanan ethnic-nya sejak dini.
Mari kita bersama-sama menata seni budaya tradisional kita sebagai perwujudan pembentukan karakter dan sumber penghidupan.

Wawan Aldo Supriatna



Tidak ada komentar:

Posting Komentar